INSTALL KOMPONEN ZEOS PADA DELPHI 7

Install Zeos

1. KOMPONEN ZEOS
Zeos merupakan komponen koneksi yang menghubungkan Delphi dengan beberapa database, diantaranya MySQL, PostgreSQL, Firebird dan lain-lain. Karena komponen ini sifatnya bukan bawaan Delphi, maka agar dapat menggunakannya, anda harus menginstallnya terlebih dahulu.
1.1 Langkah-langkah Instalasi Zeos :
1. Buatlah Direktori ZEOS pada Drive C:\
2. Ekstrak file ZeosDBO 6.6.6 Stable ke Direktory C:\ZEOS
3. Pada Direktori C:\ZEOS, buka folder Packages

 

4. Kemudian pilih versi delphi yang sesuai Misal Delphi7, 

 

5. Cari file ZeosDbo.bpg (Borland Project Group) kemudian double klik pada file tersebut. 

 

6. Compile dengan cara : Klik Menu Project>>Compile All Project. hasil compilasi project akan tampak seperti gambar berikut :


7. Klik menu File, pilih Close alluntuk menutup semua project.
8. Buka file ZComponentDesign.dpk (Delphi Package) yang terdapat pada folder yang sama dengan ZeosDbo.bpg, kemudian Klikcompile, jika proses Compile selesai lanjutkan dengan Klikinstall.

Proses install yang berhasil akan menampilkan pesan seperti gambar berikut :

9. Setelah proses install selesai , maka akan muncul informasi seperti gambar berikut :


10. Klik Ok
11. Copy semua file *.dcu yang ada pada folder build yang ada pada folder yang sama dengan ZeosDbo.bpg, ke program files >> Borland >> Delphi7 (sesuai versi delphi) >> Lib ( C:\Program Files\Borland\Delphi7\Lib )

12. Setelah itu anda bisa mencoba apakah komponen zeos sudah dapat digunakan atau belum dengan membuat sebuah program aplikasi sederhana yang berhubungan dengan database MySQL server. Kemudian anda simpan file project anda. Lalu kemudian copy /salinlah file “LIBMYSQL.DLL” ke direktori tempat anda menyimpan program atau ke “C:\Windows\System”. File “libmysql.dll” terletak di direktori “C:\MySQL\Lib\Debug\” atau ”C:\MySQL\Lib\Opt”. Jika File “libmysql.dll” tidak terlihat didalam Windows Explorer maka salinlah melalui DOS-Prompt. Misalnya : Copy d:\zeosdbo\libmysql.dll d:\temp\pbd\0001. Tanpa file ini maka aplikasi yang anda buat tidak bisa berjalan
13. Hasil akhir dari proses diatas akan menambahkan componen palet, dengan nama Zeos Acces.


1.2 Fungsi Komponen ZEOS.
Ada 11 ( sebelas ) komponen yang disediakan paket ZeosLib, akan tetapi pada pembelajaran ini hanya akan dijelaskan 4 ( empat ) kompnen saja, 4 komponen inilah yang paling banyak / sering digunakan dalam proses pengelolaan database. Berikut ini penjelasan singkat mengenai 4 komponen-komponen Zeos dari 11 komponen yang ada pada ZeosLib.
1.3 Komponen Data Access

Post a Comment